A. Pengertian Microsoft Excel beserta Kegunaannya
Microsoft Excel itu adalah salah satu aplikasi dari Microsoft Office yang dirancang untuk mengolah angka/data dan menyajikannya dalam bentuk tabel ataupun grafik.Microsoft Excel ini berjalan di bawah sistem operasi Windows. Selain Microsoft Word, aplikasi Microsoft Excel ini juga termasuk salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam berbagai bidang, khususnya untuk bidang yang membutuhkan perhitungan matematika yang kompleks. Rumus-rumus Microsoft Excel tersebut antara lain yaitu rumus SUM untuk menghitung total nilai, rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata, rumus MAX untuk menghitung nilai tertinggi, rumus MIN untuk menghitung Nilai terendah, rumus Count untuk menghitung banyak Item, dan sebagainya.Rumus-rumus Microsoft Excel ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya yaitu bisa digunakan secara otomatis, misalkan kita ingin membuat laporan penjualan barang, dan dalam laporan penjualan tersebut berisi total penjualan penjualan barang setiap harinya.Microsoft Excel juga memiliki keunggulan yang lain yaitu dapat menyelesaikan pekerjaan kita secara efektif dan efesien, terutama disaat kita melakukan kesalahan dalam memasukkan data. Misalkan kita sudah selesai membuat sebuah laporan penjualan dengan menggunakan rumus SUM untuk menghitung total penjualan.Selain itu, Microsoft Excel juga memiliki fitur yang cukup canggih. Fitur tersebut yaitu Ascending dan Descending. Dengan fitur ini, kita bisa mengurutkan data secara otomatis. Cara pengurutannya bisa dilakukan berdasarkan abjad dan bisa juga berdasarkan angka. Dalam hal ini, pengurutan pada microsoft excel dibedakan menjadi 2 antara lain yaitu :
1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.
2. Descending atau pengurutan dari yang besar ke yang kecil.
B. Kegunaan Microsoft Excel
Aplikasi Microsoft Excel memiliki banyak sekali kegunaan. Kali ini penjelasan tentang kegunaan Microsoft Excel saya bagi dalam berbagai bidang. Adapun kegunaannya yaitu sebagai berikut :
1. Bidang Akuntansi
Program Microsoft Excel banyak sekali digunakan oleh para akuntan dalam membuat laporan keuangan. Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
2. Bidang Pendidikan
Aplikasi Microsoft Excel juga sering digunakan di bidang pendidikan, antara lain yaitu membuat laporan nilai siswa, membuat laporan keuangan sekolah, membuat laporan data guru, membuat laporan data siswa dan lain-lain. Dalam Microsoft Excel terdapat rumus IF, rumus ini sangat bermanfaat sekali dalam membuat laporan nilai siswa, dengan rumus IF guru dapat dengan mudah mengetahui siswa yang harus melakukan remedial dan siswa yang telah lulus standar kompetensi.
3. Bidang Administrasi
Microsoft Excel juga bermanfaat di bidang administrasi, misalnya dalam pendataan karyawan. Dengan menggunakan fitur ascending dan Descending, kita dapat membuat sebuah tabel yang berisi daftar karyawan secara terurut. C. Langkah-langkah Memulai Microsoft Excel
Untuk memulai atau membuka program Microsoft Excel caranya sangat mudah sekali, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
1. Klik Tombol Start (Lambang Windows)
2. Klik All Program
3. Klik Microsoft Office
4. Klik Microsoft Excel
Pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan pada lembar kerja Excel yang disebut dengan Worksheet. Dengan kata lain, Worksheet ini berfungsi sebagai lembaran tempat kita mengetik dan juga mengolah data. Dalam 1 file Microsoft Excel bisa terdapat beberapa worksheet .Jadi, worksheet atau lembar kerja excel tersebut bisa ditambah. Untuk membedakan antara satu worksheet dan worksheet yang lainnya bisa dilakukan dengan mengubah namanya. Kemudian, untuk mengaktifkan lembar kerja yang kita inginkan, kita bisa bisa mengklik worksheet yang kita inginkan. Selain worksheet, ada banyak istilah-istilah pada Microsoft Excel yang perlu kita ketahui. Pada kesempatan kali ini, saya akan coba menjelaskan istilah-istilah yang ada pada Microsoft Excel. Adapun istilah-istilahnya yaitu sebagai berikut :
Title Bar : Baris yang berisi judul program
Menu Bar : Baris yang berisi Menu Program
Toolbar : Ares yang terdiri dari icon-icon (gambar) yang mewakili satu perintah
Pointer : Penunjuk sel
Scroll Bar : fitur yang berfungsi untuk menggulung lembar kerja
Formula Bar : Tempat untuk menampilkan rumus atau formula
Worksheet : Bagian dari workbook, terdiri dari 256 kolom dan 65536
Sel : Pertemuan kolom dan baris
Microsoft Excel itu adalah salah satu aplikasi dari Microsoft Office yang dirancang untuk mengolah angka/data dan menyajikannya dalam bentuk tabel ataupun grafik.Microsoft Excel ini berjalan di bawah sistem operasi Windows. Selain Microsoft Word, aplikasi Microsoft Excel ini juga termasuk salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam berbagai bidang, khususnya untuk bidang yang membutuhkan perhitungan matematika yang kompleks. Rumus-rumus Microsoft Excel tersebut antara lain yaitu rumus SUM untuk menghitung total nilai, rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata, rumus MAX untuk menghitung nilai tertinggi, rumus MIN untuk menghitung Nilai terendah, rumus Count untuk menghitung banyak Item, dan sebagainya.Rumus-rumus Microsoft Excel ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya yaitu bisa digunakan secara otomatis, misalkan kita ingin membuat laporan penjualan barang, dan dalam laporan penjualan tersebut berisi total penjualan penjualan barang setiap harinya.Microsoft Excel juga memiliki keunggulan yang lain yaitu dapat menyelesaikan pekerjaan kita secara efektif dan efesien, terutama disaat kita melakukan kesalahan dalam memasukkan data. Misalkan kita sudah selesai membuat sebuah laporan penjualan dengan menggunakan rumus SUM untuk menghitung total penjualan.Selain itu, Microsoft Excel juga memiliki fitur yang cukup canggih. Fitur tersebut yaitu Ascending dan Descending. Dengan fitur ini, kita bisa mengurutkan data secara otomatis. Cara pengurutannya bisa dilakukan berdasarkan abjad dan bisa juga berdasarkan angka. Dalam hal ini, pengurutan pada microsoft excel dibedakan menjadi 2 antara lain yaitu :
1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.
2. Descending atau pengurutan dari yang besar ke yang kecil.
B. Kegunaan Microsoft Excel
Aplikasi Microsoft Excel memiliki banyak sekali kegunaan. Kali ini penjelasan tentang kegunaan Microsoft Excel saya bagi dalam berbagai bidang. Adapun kegunaannya yaitu sebagai berikut :
1. Bidang Akuntansi
Program Microsoft Excel banyak sekali digunakan oleh para akuntan dalam membuat laporan keuangan. Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
2. Bidang Pendidikan
Aplikasi Microsoft Excel juga sering digunakan di bidang pendidikan, antara lain yaitu membuat laporan nilai siswa, membuat laporan keuangan sekolah, membuat laporan data guru, membuat laporan data siswa dan lain-lain. Dalam Microsoft Excel terdapat rumus IF, rumus ini sangat bermanfaat sekali dalam membuat laporan nilai siswa, dengan rumus IF guru dapat dengan mudah mengetahui siswa yang harus melakukan remedial dan siswa yang telah lulus standar kompetensi.
3. Bidang Administrasi
Microsoft Excel juga bermanfaat di bidang administrasi, misalnya dalam pendataan karyawan. Dengan menggunakan fitur ascending dan Descending, kita dapat membuat sebuah tabel yang berisi daftar karyawan secara terurut. C. Langkah-langkah Memulai Microsoft Excel
Untuk memulai atau membuka program Microsoft Excel caranya sangat mudah sekali, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
1. Klik Tombol Start (Lambang Windows)
2. Klik All Program
3. Klik Microsoft Office
4. Klik Microsoft Excel
Pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan pada lembar kerja Excel yang disebut dengan Worksheet. Dengan kata lain, Worksheet ini berfungsi sebagai lembaran tempat kita mengetik dan juga mengolah data. Dalam 1 file Microsoft Excel bisa terdapat beberapa worksheet .Jadi, worksheet atau lembar kerja excel tersebut bisa ditambah. Untuk membedakan antara satu worksheet dan worksheet yang lainnya bisa dilakukan dengan mengubah namanya. Kemudian, untuk mengaktifkan lembar kerja yang kita inginkan, kita bisa bisa mengklik worksheet yang kita inginkan. Selain worksheet, ada banyak istilah-istilah pada Microsoft Excel yang perlu kita ketahui. Pada kesempatan kali ini, saya akan coba menjelaskan istilah-istilah yang ada pada Microsoft Excel. Adapun istilah-istilahnya yaitu sebagai berikut :
Title Bar : Baris yang berisi judul program
Menu Bar : Baris yang berisi Menu Program
Toolbar : Ares yang terdiri dari icon-icon (gambar) yang mewakili satu perintah
Pointer : Penunjuk sel
Scroll Bar : fitur yang berfungsi untuk menggulung lembar kerja
Formula Bar : Tempat untuk menampilkan rumus atau formula
Worksheet : Bagian dari workbook, terdiri dari 256 kolom dan 65536
Sel : Pertemuan kolom dan baris